Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka bisnis itu bisa dari hal apa saja. Maksudnya adalah mereka bisa dengan mudahnya memulai bisnis hanya berdasarkan dari tren atau sekedar ikut -ikutan tanpa tahu perkembangan bisnis yang sedang mereka jalani untuk kedepannya. Di satu sisi mereka tidak mempunyai planning yang tepat untuk mengolah bisnis tersebut yang pada akhirnya tidak membuahkan hasil apa-apa alias Nihil. Memang pada kenyataannya bisnis yang ada saat ini khususnya bisnis online mempunyai sistem hampir sama antara satu dengan yang lainnya, tapi apa yang membedakan ? Yaitu bagaimana memilih produk yang tepat, menggunakan metode pemasaran yang efektif serta bagaimana memanange customer agar bisa terus tertarik terhadap produk kita. Lalu bagaimana cara mengatasinya ? Berikut ini beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk membangun bisnis Anda secara cepat, antara lain :

1. Riset Produk

Tidak perlu terburu-buru untuk menentukan produk yang akan dijual. Kenali lebih jauh tentang kebutuhan pasar yang ada saat ini sehingga produk yang akan Anda pasarkan bisa tetap diminati konsumen. Contohnya Anda bisa melihat di beberapa sosial media seperti Instagram produk apa yang sedang viral sekarang, atau Anda bisa mengunjungi marketplace untuk melihat produk-produk best seller yang sedang tren. Itu bisa menjadi acuan Anda untuk mulai menentukan produk yang cocok untuk dijual.

2. Temukan Target Pasar

Setelah menentukan produk, Anda bisa mulai mencari target pasar yang sesuai dengan produk Anda. Jangan sampai Anda sudah memilih produk yang tepat tetapi target market Anda salah, sehingga produk yang Anda jual tidak maksimal. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda bisa cari beberapa komunitas di sosial media yang mempunyai minat atau ketertarikan yang berhubungan dengan produk Anda. Contohnya jika Anda seorang facebook user lalu Anda menjual produk hijab, maka Anda bisa cari komunitas muslim di facebook. Dari situ Anda bisa mulai menambah pertemanan dan bisa menawarkan produk Anda juga.

3. Strategi Pemasaran Up to Date

Kenapa strategi pemasaran Anda harus selalu up to date ? Karena ilmu pemasaran itu tidak pasti, bisa mengikuti sesuai perkembangan jaman. Jika di beberapa tahun silam Anda masih nyaman menggunakan metode broadcast pada Blackberry Messenger (BBM) dan bisa mengundang banyak closing penjualan maka jangan harap Anda gunakan juga di masa sekarang. Karena selain sudah ketinggalan jaman, pengguna sekarang lebih banyak memanfaatkan Line@ untuk metode pemasarannya. Oleh karena itu pintar-pintarnya Anda untuk terus mencari strategi pemasaran yang efektif untuk terus mendongkrak omset penjualan Anda kedepannya.

4. Monitoring Data Base Customer

Data base customer itu ibarat pundi-pundi berlian yang berserakan. Jika Anda tidak pandai memilah maka akan hilang begitu saja. Begitu juga dengan data base customer, jangan sampai jika Anda sudah banyak closing penjualan lalu data kontak customer dabaikan begitu saja. Itu salah besar, yang harus Anda lakukan adalah menyimpan dan mem-backup data kontak tersebut untuk Anda followup kembali jika sewaktu-waktu Anda mengeluarkan produk terbaru atau mempunyai penawaran special kepada customer.

5. Berorientasi Pada Target

Target itu bisa dikejar dengan mudah jika Anda tahu cara untuk mencapai targetnya. Contohnya jika Anda ingin mendapatkan profit penjualan 10 juta dalam satu bulan maka yang harus Anda lakukan adalah membaginya pada target harian, jadi dalam satu hari Anda harus mendapatkan profit sebesar +/- 350 ribu. Lalu pada prakteknya Anda bisa setting berapa produk yang harus terjual setiap harinya untuk mengejar dari profit yang sudah Anda targetkan sebelumnya.