Mempromosikan suatu produk itu memang harus tahu ilmunya. Tidak hanya sebatas mempromosikan namun tidak tahu seberapa efektif hasil yang akan didapat nantinya. Karena dengan semakin meningkatnya pertumbuhan pengguna internet di jaman sekarang tentunya merupakan salah satu peluang besar bagi Anda untuk terus mengembangkan metode promosi sehingga bisa memberikan value yang besar pada bisnis online Anda kedepannya. Suatu bisnis bisa dikatakan berhasil tidak luput dari metode promosi yang digunakan, karena hampir semua bisnis sekarang sudah menggunakan metode promosi online entah itu melalui website atau sosial media. Disamping itu menggunakan metode promosi secara online bisa memberikan jangkauan traffic yang lebih luas sehingga cepat meningkatkan pertumbuhan bisnis online Anda. Bicara soal metode promosi, berikut ini beberapa metode yang paling efektif dan masih digunakan
hingga saat ini :

1. Promosi Lewat Sosial Media

Salah satu media promosi yang paling banyak digunakan saat ini adalah lewat Sosial Media. Disamping lebih mudah digunakan tentunya cara yang satu ini terbilang gratis, karena kita hanya memanfaatkan akun sosial media kita pribadi. Walaupun memang ada beberapa sosial media mempunyai fitur bisnis tetapi masih bisa digunakan secara gratis dan tetap efektif untuk mengembangkan bisnis online kita.

Bisa dibayangkan jika Anda memanfaatkan semua sosial media seperti Instagram, Facebook, Line, Whatsapp, Youtube, dan lain-lain dengan benar untuk sarana promosi bisnis bukan tidak mungkin Anda bisa meraup omset penjualan yang besar setiap bulannya.

 

2. Promosi Lewat Blog/Website Pribadi

Blog/Website merupakan salah satu metode promosi utama yang biasa digunakan oleh para pelaku bisnis. Karena dengan mempunyai sebuah website maka bisnis Anda terkesan lebih real dan trusted
dimata konsumen. Mungkin metode seperti ini bisa dilakukan khusus bagi Anda yang memang punya produk brand sendiri sehingga website yang Anda sajikan pun lebih orisinil, walaupun tidak menutup kemungkinan bagi Anda yang tidak punya produk sendiri (sistem reseller/dropship) pun masih bisa membuat website untuk sarana promosi.

3. Promosi Lewat Email

Banyak diantara Anda mungkin yang masih suka menerima email promosi dari salah satu e-commerce atau perusahaan bisnis yang isinya penawaran produk diskon atau ajakan untuk bergabungmember. Itu memang salah satu trik yang disajikan jika isi dari promosi Anda lebih detail atau semacam promosi story telling. Karena jika Anda ingin menyajikan promosi yang lebih detail dan lebih intens tidak mungkin dong Anda mengirimnya lewat fitur chat sosmed seperti Instagram, Facebook, Whatsapp atau Line karena dari segi tampilan teks pun akan terkesan penuh dan bisa membuat jenuh pembaca. Disamping itu kelebihan dari promosi lewat email ini Anda bisa mengirim ke lebih banyak user (email blast) sehingga yang diperlukan adalah data base email dari target user Anda.

4. Promosi Lewat Media Iklan Berbayar

Jika Anda selama ini masih menggunakan metode promosi online secara gratisan, mungkin tidak ada salahnya juga Anda mulai merambah kepada metode iklan berbayar. Meskipun sudah banyak jenis  metode pemasaran iklan yang beredar sekarang ini, mungkin untuk pembahasan kali ini lebih dikerucutkan fokus kepada metode iklan yang berhubungan dengan poin 1 diatas.

Ya, jadi Anda bisa mulai memanfaatkan fitur iklan berbayar dari sosial media yang sudah digunakan selama ini seperti : Instagram Ads, Facebook Ads, Youtube Ads, dan lain-lain. Setiap metode mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, kembali kepada pengalaman Anda sudah sejauh mana mempelajari hal tersebut. Mungkin untuk saat ini metode yang paling efektif dan banyak digunakan oleh para pelaku bisnis adalah dengan metode Facebook Ads dan Instagram Ads, karena kedua sosial media ini memang memegang peranan penting di era millenial seperti sekarang. Sehingga bukan tidak mungkin bagi Anda yang ingin fokus belajar lebih dalam tentang kedua metode iklan ini diharapkan kedepannya bisa memberikan perubahan besar bagi perkembangan bisnis Anda kedepannya.