Secara tidak sadar Anda mungkin pernah mengalami jika bisnis yang sedang Anda geluti sekarang ini masih diam di tempat saja bahkan tidak ada perkembangan ? Pernah merasa upaya yang sudah dilakukan hingga sejauh ini merasa sia-sia bahkan tidak ada hasilnya ? Itu bisa terjadi karena adanya kesalahan pada sistem bisnis Anda. Membangun bisnis itu perlu namanya perencanaan yang matang, tidak semudah seperti anda memilih kerja antara diperusahaan A atau B yang jelas-jelas sudah bisa Anda lihat dari background serta pengalaman perusahaannya. Tetapi dalam berbisnis itu perlu sinergi yang baik antara produk akan dijual, metode promosi yang digunakan, serta yang paling penting adalah kepercayaan pada disi sendiri terlebih dahulu siap atau tidak untuk memulai bisnis. Untuk meninjau lebih jauh kenapa bisnis Anda tidak kunjung bertumbuh, silahkan Anda bisa simak penjelasan dibawah ini :

1. Salah Memilih Produk.
Produk adalah salah satu bagian terpenting dalam suatu bisnis. Tanpa produk Anda tidak bisa membuka sebuah bisnis. Saat ini produk tidak hanya berbentuk dalam barang saja, bisa juga berupa produk digital. Memilih produk yang tepat itu mudah jika tahu ilmunya, sebelum menentukan produk Anda harus melihat peluang market terlebih dahulu agar produk yang Anda pasarkan nantinya bisa diterima dengan baik oleh konsumen. Jika sudah diterima dengan baik oleh konsumen bukan tidak mungkin produk Anda akan terus diminati dalam jangka panjang.

2. Promosi Penjualan Tidak Maksimal
Produk sebagus apapun jika tidak didukung dengan promosi penjualan yang maksimal maka hasilnya pun akan seadanya dan tidak sesuai yang kita harapkan. Promosi yang bagus itu dilakukan secara konsisten setiap hari sesuai dengan rencana yang telah di atur sebelumnya. Gunakan promosi penjualan yang Anda rasa mudah, bisa memanfaatkan cara organik atau gratisan di sosial media terlebih dahulu, entah itu posting di status, feeds atau pun broadcast. Jika Anda rasa hasilnya masih kurang maksimal maka Anda bisa menggunakan metode berbayar untuk mendongkrak bisnis Anda menjadi lebih cepat berkembang.

3. Planning Tidak Jelas
Seperti pada pembahasan di awal, jika Anda tidak mempunyai planning yang jelas bagi bisnis Anda maka jangan salahkan jika bisnis Anda akan diam ditempat saja. Karena planning yang jelas akan membantu Anda untuk mengejar target yang sudah di atur sebelumnya sehingga secara step by step target bisnis Anda pun bisa terealisasikan. Namun jika Anda merasa sudah melakukan sesuai dengan planning di awal tetapi hasilnya masih biasa-biasa saja, maka Anda harus segera mengubah dengan planning baru agar bisnis Anda tidak terlalu sama stuck dan dapat segera bangkit kembali.

4. Tidak Percaya Diri
Salah satu alasan kenapa bisnis tidak kunjung berkembang adalah kembali pada mental diri masing-masing. Banyak pemula yang merasa bahwa ; jika menjalankan bisnis A tidak akan laku karena produknya mahal, jika menjalankan bisnis B tidak dapat profit besar karena terlalu banyak saingan. Kalau pemikiran Anda negatif seperti itu maka hasilnya pun akan mengikuti apa yang sudah Anda pikirkan sebelumnya. Maka pentingnya membangun mental dalam berbisnis itu supaya tetap bisa survive walaupun banyak kompetitor yang bersaing dengan Anda